Harga Lele Anjlok

Komoditi perikanan juga mengalami fluktuasi harga. Hal demikian biasa terjadi karena produksi yang besar tidak diimbangi peningkatan permintaan yang signifikan. Beluim lagi dipicu oleh faktor lain.

Pada budidaya lele untuk beberapa tahun ini sering terjadi over produksi pada bulan antara November – Maret. Pada periode waktu ini juga menariknya diikuti perayaan hari raya Idul Adha dimana banyak daging hewan Qurban yang dibagi-bagikan ke masyarakat. Dampaknya pasti penurunan permintaan ikan lele konsumsi, bahkan harga panen anjok sampai di bawah titik impas.

Kondisi ini harusnya terjadi hanya sekitar satu minggu saja. Tetapi dalam kenyataannya bisa bertahan satu bulan atau lebih. Petani lele biasanya mengeluh karena jadwal panen semakin molor. Size ikan menjadi semakin bervariasi dan sulit diterima pasar.

Ada beberapa kebiasaan petani untuk mengatasi masalah ini. Ada yang ketat dalam pemakaian pakan secara kuatitas, ada yang berburu pembeli, banting harga atau nekat menjual ikan ke pasar sendiri atau mengirim ke distributor.

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: