Harga Lele dan Idul Adha 1430 H

Berdekatan hari raya Idul Adha atau hari Raya Qurban 1430 H atau minggu keempat November 2009, ternyata harga lele tidak terpuruk seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Di daerah Jombang harga lele masih mencapai Rp.9.700/kg bahkan ada petani yang bisa mendapatkan harga panen Rp.10.000/kg.

Persediaan ikan lele kemungkinan juga tidak terlalu banyak. Hal ini ada kemungkinan pada masa 3 bulan yang lalu banyak petani menunggu untuk tidak menebar lele. Mereka sebagian menebar ikan gurame, atau mengosongkan sementara 2-3 minggu untuk menebar lele. Ada ada indikasi sulitnya mendapatkan bibit lele pada saat itu.

Tetapi kita meski optimis, karena ternyata pada saat ini sector ternak ayam, telor dan daging ayam mengalami penurunan harga panen.Meski demikian harga lele tidak turun bahkan merangkak naik, padahal konsumen kelas menengah ke bawah merasa punya pilihan telor dan daging ayam.

Sisi positif yang lain, semoga masyarakat kita semakin menyadari akan perlunya mengkonsumsi ikan dan produk ‘aquatic food, lainnya. Tentu saja ikan lele yang sudah memasyarakat dengan aneka menu, seperti pecel lele, bumbu rujak lele, botok lele, lele goreng, abon lele, juga lele bakar.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: