Panen Per 30 kg Pakan Ikan

Menghitung FCB ikan? Efisiensi pakan sering dihitung dalam FCR dan FCE. Tapi kali ini ada konversi lokal yang sudah memasyarakat. FCB (feed convertion bag) bisa dideskripsikan sebagai istilah baru, yaitu berapa konversi pakan per zak (bag) untuk dapat dijadikan daging atau biomass ikan. Di Jawa Timur petani ikan memakai satuan hasil panen kg/30 kg pakan. Atau kg panen per bag (1 bag = 30 kg pakan).

Contoh Soal: Mr. Budi (bukan pemain bola, bukan nama sebenarnya), memanen ikannya dalam kolam ukuran 6 x 10 x 1 m3 dan diperoleh ikan 1.000 kg setelah menghabiskan pakan 990 kg. Selesai panen tetangga Mr. Budi bertanya, jadi-nya pakan berapa? Mr. Budi pasti menjawab: 30,3. FCB = 30,3 apa artinya?

Artinya: Setiap 30 kg pakan yang diberikan dapat menghasilkan 30,3 kg biomas ikan. Atau dengan kata lain FCR = 1.01 dan FCE = 101 %. Catatan: untuk hitungan FCB ini, biomas awal tidak diperhitungkan dengan asumsi biomas benih sangat kecil. BAG biasa diistilahkan SAK, ZAK, karung.
Ditulis oleh: Mujianto

Tag: , ,

Satu Tanggapan to “Panen Per 30 kg Pakan Ikan”

  1. Danang Satria Says:

    VGood,.. Ini suatu ukuran yg dapat dijadikan pedoman dalam budidaya Lele. Kalo FCR > 1 berarti metoda pemberian pakan dan perawatan ikan sangat baik. Sebaliknya bila FCR < 1 artinya si peternak boros dalam pemberian pakan, atau perawatan ikan kurang sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: