Pemberian Pakan di Musim Hujan pada Ikan Lele

Pada musim hujan, dengan frekwensi dan tingkat curah hujan yang sangat fluktuasi menyebabkan usaha budidaya pembesaran lele harus waspada. Pada musim ini biasanya banyak terjadi saat penebaran awal bibit lele, masa remaja, masa pergantian warna air, atau bahkan pada saat menjelang panen.

Tidak jarang kasus yang ditemukan di lapangan, ikan lele tidak mau makan atau nafsu makan turun, ada beberapa kematian. Kematian ikan juga beragam, ada yang diawali menggantung di permukaan air, ikan kembung, bau busuk air.

Pakan buatan sering menjadi topik penting pada kasus seperti di atas. Kadang kita juga lupa berapa banyak pakan yang diberikan per hari dengan perbandingan biomas yang ada. Tidak ditimbang, tidak dihitung jumlah pakan, dan sulitnya estimasi biomas merupakan bagian dari masalah pada manajemen pemberian pakan.

Pakan dengan kulitas terbaik pun ada faktor pembatas, berapa kemampuan cerna pakan pada ikan yang kita pelihara. Selanjutnya berapa kelebihan pakan yang menjadi sampah (bahan pencemar di kolam) dan juga feses (kotoran) dari ikan itu sendiri. Karena itu diperlukan pemberian pakan yang proporsional dengan mempertimbangkan pengaruh cuaca, kualitas air dan kesehatan ikan. Ikan yang kurang sehat jika diberi pakan dalam jumlah yang berlebih akan beresiko bermasalah.

Beberapa langkah yang dapat disarankan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memperhatikan kualitas air, artinya meningkatkan kualitas air. Mengganti air secara rutin (proporsional menurut kebiasaan), memberi bakteri probiotik atau memberi suplemen berupa vitamin C merupakan alternatif yang bagus.

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: