Distribusi Size Panen Lele

Anda pernah melihat panen ikan lele dimana memiliki distribusi size yang sangat beragam? Maksudnya begini, misal Pak Budi (bukan nama sebenarnya) panen ikan lele 500 kg. Setelah melalui proses sortasi akhirnya diperoleh hasil penyebaran ukuran seperti berikut:
– Ukuran Besar : 100 kg
– Ukuran Sedang : 300 kg
– Ukuran Kecil : 100 kg.
Artinya : 20% ikan berukuran besar, 60% ikan berukuran sedang, 20% ikan berukuran kecil. Transaksi lele biasanya pihak pembeli / distributor menginginkan ikan berukuran sedang atau medium. Di banyak daerah ikan ukuran besar (over size) dan ikan berukuran kecil (under size) sering dibeli dengan harga yang lebih rendah bahkan sulit untuk memasarkannya.
Kenapa distribusi size sering terjadi demikian? Kondisi ini diawali pada permasalahan teknis budidaya. Pertama, saat pemilihan benih lele, harus mempertimbangkan keseragaman benih yang akan ditebar. Variasi size benih yang beragam akan menyebabkan hasil panen yang beragam pula. Penebaran ukuran benih untuk ikan lele sebaiknya setelah ukuran 5-7 cm untuk periode budidaya sekitar 90 hari. Penebaran ukuran lebih besar 7 cm diharapkan dapat dipanen periode budidaya 60 hari. Penebaran benih lele lebih kecil akan sangat beresiko terhadap peluang size beragam saat panen. Kedua, teknis pemberian pakan. Penyebaran pakan sebaiknya diusahakan rata pada seluruh permukaan kolam atau dengan asumsi setiap ikan dapat memperoleh porsi makan yang sama, sehingga diharapkan memiliki pertumbuhan yang sama pula. Ketiga, faktor kelangsungan hidup dan fluktuasi harga ikan. Kematian yang relative banyak dan tidak terkontrol akan menyebabkan rentang variasi panen yang beragam. Pemberian pakan yang ditahan (kurang dari porsi) karena menunggu harga ikan membaik juga dapat menyebabkan ikan kurang baik untuk pertumbuhan dan pakan akan diperebutkan ikan yang agresif saja.

Tag: ,

6 Tanggapan to “Distribusi Size Panen Lele”

  1. lulus puji utama Says:

    Salam Kenal.. Saya Dari Jombang Jawa Timur… (petani lele dan Gurami) HP saya 081803142736

  2. agromania Says:

    Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

    081911857815

  3. nana fitria Says:

    Tetangga ama lulus puji utama, saya dr pare.

    Prakteknya setelah disortir nambah biaya memelihara ikan sortiran tadi. Sing terlalu kecil dipelihara ulang, yg kegedean untung-untungan ada yg mau beli.

    Jk ada tempat lebih sih gk pap pa, lahan terbatas muter akal hasil sortasi tadi.

    • indolele Says:

      Betul..

      Pemilihan benih/bibit lele yang tepat dan teknik pemberian pakan merupakan kunci keseragaman hasil panen. Tolong baca kembali artikel di atas point pemberian pakan. Untuk pemilihan bibit ada artikel Tips Memilih Bibit Lele.

      Perhatikan juga permintaan pasar untuk size lele, dan karakter bakul ikan. Saat ikan banyak bakul akan melakukan sortir sangat ketat dan tidak mau membawa ikan kecuali ukuran yang bagus, tetapi saat stok ikan sedikit akan lebih toleran.

      Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: